potongan tugas marketing ( analisis kebutuhan dan trend dalam lingkungan makro)
Menganalisis lingkungan makro
Perusahaan yang berhasil biasanya mengenali dan menanggapi
kebutuhan datren yang belum terpenuhi dengan mendapat laba. Perusahaan
mendapatkan laba yang sangat besar jika mereka dapat memecahkan salah satu
maslah berikut:penyembuha kanker, penyembuhan penyakit jiwa yang manusiawi,
penyulinga air laut, makana yang bergizi tanapa lema yang lezat, mobil listrik
yang praktis, dan perumahan yang harga terjangkau.
Kebutuhan dan tren
para
individu wirausaha dan perusahaan yang bermental wirausaha berupaya menciptakan
pemecahan baru atas kebutuhan yang belum terpenuhi. Fedex diciptakan untuk
memenuhi kebutuhan akan pengiriman surat yang tiba pada hari berikutnya.
Dockers diciptakan untuk memenuhi kebutuhan generasi ledakan bayiang tidak
dapat lagi mengenakan-atau mencocoki!-jeans mereka dan menginginkan pasangan
celana yang nyaman secara fisik dan spikologis. Amazon diciptakan untuk menawarkan
lebih banyak pilihan dan informasi untuk buku dan produk-poduk lain.
Kita perlu membedakan fad,tren, dan
mengatren. Fad (kesukaan masyarakat yang berlangsung singkat) bersifat “tida
dapat diduga, berusia pendek, da tidak penting secara social,ekonomi,dan
politik.”perusahaan tertentu dpata meraup uang dari fad,anatara lain boneka
beanie babies, furbies, dan tickle me, tapi itu lebih karena keberuntungan dan
penentuan waktu yang tepat.
Tren adalah rah atau urutan
peristiwa-peristiwa khusus ang memiliki beberapa momentum dan mampu bertahan
lama. Tren lebih dapat di ramalkan dan bertahan lama di banding fad. Tren
mengungkap bentuk masa depan dan memberikan banyak peluang. Sebagai contoh,
persentase orang yang menghargai kesegaran dan kesejahteraan fisik telah
meningkat secara mantap selama bertahun-tahun,khususnya kelompok di bawah 30 tahun, kelompok wanita muda dan
pasar kelas atas, serta orang yang tinggal di Amerika bagian barat. Para
pemasar makanan sehat dan perlengkapan olahraga melayani tren itu dengan
sejumlah produk dan komunikasi yang memadai.
Mengatren digambarkan sebagai
”perubahan besar di bidang social, ekonomi,politik, dan teknologi yang lebih
lambat terbentuknya, dan pada saat terjadi, perubahan itu akan memengaruhi kita
untuk waktu yang lama, antara tujuh dan sepuluh tahun, atau lebih.
Tren dan mengatren mendapat
perhatian besar. Sebuah produk baru atau program pemasaran kemungkinan menjadi
lebih berhasil jika sejalan dengan tren yang kuat dan bukannya menentangnya,
tapi mendeteksi satu peluang pasar baru tidak menjamin keberhasilan, walaupun
secara teknis bisa. Sebagai contoh, dewasa ini beberapa perusahaan menjual
“buku elektronik” yang dapat ditenteng, tapi mungkin tidak banyak orang yang
tertarik membaca buku pada layar computer atau ingin membayar harga yang
dituntut. Inilah sebabnya riset pasar perlu menentukan kemungkinan laba dari
peluang. Untuk membantu para pemasar melihat pergeseran budaya yang mungkin
menghasilkan peluang atau ancaman, beberapa perusahaan menawarkan ramalan
social-budaya. Yankelovich monitor mewawancarai 2500 orang setiap tahun dan
menelusuri 35 tren social, seperti “anti yang besar-besar,” “mistisisme,”
“hidup untuk hari ini,” “menjauhkan diri dari kepemilikian barang,” dan
“kenikmatan.” Ia menggambarkan persentasi populasi yang menganut sikap itu dan
juga persentase yang tidak menganutnya.
Mengidentifiksi kekuasaan besar
Perusahaan
dan pemasok, perantara pemasaran, pelanggan,pesaing, dan masyarakat semuanya
bekerja di bawah kendala kekuatan dan
tren lingkungan makro yang membentuk
peluang dan menimbulkan ancaman. Sejumlah kekuatan itu bersifat membentuk
pelung dan menimbulkan ancaman. Sejumlah kekuatan itu bersifat “tidak dapat
dikendalikan,” dan harus dipantau serta ditanggapi oleh perusahaan tertentu.
Dalam arena ekonomi, perusahaan dan para konsumen semakindi dipengaruhi oleh
sejumlah kekuatan global.
Awal dari abad baru membawa sejumlah
tantangan baru: kemerosotab tajam pasar saham yang memengaruhi tabungan,
investasi, dan dana pension; meningkatnya pengangguran; skandal perusahaan; dan
tentu saja meningkatnya terorisme. Peristiwa-peristiwa dramatic ini diiringi
oleh kontinuasi dari tren jangak panjang lain yang sudah ada yang telah secara
mendalam memengaruhi panorama global.
Dalam situasi global yang berubah
cepat, perusahaan harus memantau enam kekuatan utama: demografi, ekonomi, alam,
teknologi, politik-hukum, dan social-budaya. Meskipun kekuatan-kekuatan itu
akan diulas secara terpisah, para pemasar harus memerhatikan interaksi
antarkeuatan itu, karena kekuata-kekuatan itu menjadi dasar bagi peluang dan
ancaman baru. Contohnya, ledakan pertumbuhan populasi (demografi) menyebabkan
peningkatan konsumsi sumber daya dan polusi (lingkungan alam), sehinggan
konsumen menuntut lebih banyak peraturan perundang-undangan (politik-hukum)
yang merangsang solusi teknologi dan produk baru (teknologi). Jika harga
teknologi baru itu terjangkau oleh masyarakat (ekonomi), maka dapat mengubah
perilaku dan sikap (social – budaya) mereka.
Paduan Untuk Mempersiapkan Analisis
Kasus
Kebutuhan akan Kepraktisan
Tidak pernah ada kasus yang lengkap,
dan tidak satu pun kasus yang memberi Anda semua informasi yang dibutuhkan
untuk melakukan analisis serta memberi rekomendasi. Dengan demikian, dalam
dunia bisnis, penyusun strategi tidak pernah memiliki seluruh informasi yang
merekabutuhkan untuk membuat keputusan: informasi mungkin tidak tersedia atau
terlalu mahal untuk di peroleh , atau dibutuhkan waktu yang terlalu banyak
untuk mendapatkannya. Jadi, dalam mempersiapkan kasus manajemen strategis,
lakukan apa yang dilakukan oleh para penyusun strategi setiap hari membuat
asumsi yang masuk akal mengenai hal yang tidak diketahui, nyatakan asumsi
secara jelas, lakukan analisis yang memadai, dan ambillah keputusan. Jadilah praktis. Sebagai contoh, dalam
mengerjakan suatu proyeksi analisis keuangan, buatlah asumsi yang masuk akal ,
nyatakan mereka secara tepat , dan kerjakan untuk melihat dampak rekomendasi
Anda terhadap posisi keuangan organisasi. Hindari mengatakan , “ Saya tidak
memiliki informasi yang cukup.” Anda akan selalu bisa menambah informasi yang
tersedia di kasus dengan cara melakukan riset di internet dan perpustakaan.
Kebutuhan akan Justifikasi
Bagian
terpenting dari analisi kasus bukan strategi apa yang Anda rekomendasikan,
namun lebih pada bagaimana Anda mendukung keputusan Anda dan bagaimana Anda
menyakinkan bahwa itu dapat diimplementasikan . tidak ada solusi tunggal yang
terbaik atau satu jawaban paling benar dari suatu kasus. Jadi berikanlah
justifikasi yang cukup terhadap rekomendasi Anda. Hal ini penting dalam dunia
bisnis, penyusun strategi biasanya tidak mengetahui apakah keputusan mereka
tepat sampai sumber daya telah dialokasikan dan dikonsumsi, sehingga sering
kali sudah terlambat untuk mengubah keputusan. Fakta yang buruk ini menyiratkan
kebutuhan akan integrasi yang tepat dari intuisi dan analisis dalam
mempersiapkan analisis kasus kebijakan bisnis.
Kebutuhan untuk Realistis
Hindari merekomendasikan suatu
rangkaian tindakan yang jauh di atas dari kemampuan organisasi. Jadilah realistis. Tidak satu pun
organisasi yang dapat menggunakan semua strategi yang mungkin bisa memberikan
potensi manfaat kepadanya. Perkirakan berapa banyak modal yang dibutuhkan
untuk menerapkan rekomendasi anda.
Perhatikan apakah utang, saham, atau kombinasi utang dan saham dapat digunakan
untuk mengumpulkan modal. Pastikan rekomendasi anda bisa diraih. Jangan
mempersiapkan analisis kasus yang mengabaikan semua alasan dan informasi yang
tidak mendukung rekomendasi anda. Lebih baik, kemukakan baik dan buruk dari
berbagai alternative yang ada. Jangan terlalu melebih-lebihkan, stereotip,
menuduh atau mendramatisasi. Lakukan yang terbaik untuk menunjukan bahwa
intepretasi dari bukti yang ada cukup beralasa dan objektif.
Kebutuhan untuk Spesifik
Jangan membuat generalisasi secara
luas seperi “ perusahaan harus mengutamakan strategi penetrasi pasar”. Jadilah spesifik dengan mengatakan apa, mengapa, kapan, bagaimana, dimana, dan
siapa.ketidakmampuan bertindak spesifik adalah kekurangan utama dalam
analisis kasus secara tertulis dan lisan. Sebagai contoh, dalam suatu audit
internal dikatakan, “ Rasio lancar perusahaan turun dari 2,2 pada tahun 2003
menjadi 1,3 pada tahun 2004, dan hal ini merupakan suatu kelemahan besar,” hal
ini lebih baik dibandingkan “ Kondisi
keuangan perusahaan buruk .” Daripadamerumuskan matriks SPACE bahwa suatu perusahaan seharusnya
bertahan, jadilah lebih spesifik dengan mengatakan, “ Perusahaan perlu
mempertimbangkan untuk menutup tiga pabrik, memecat 280 karyawan, dan menjual
divisi kimia, untuk penghematan sebesar $20,2 juta pada tahun 2005.” Gunakanlah
rasio, persentase, angka, dan perkiraan dolar. Orang-orang bisnis tidak
menyukai generalisasi dan keraguan.
Kebutuhan akan keaslian
Jangan merekomendasikan rangkaian
tindakan yang sungguh-sungguh telah diambil atau sedang direncanakan untuk
diambil oleh perusahaan, meskipun tindakan tersebut menghasilkan tambahan pendapatan dan laba.
Tujuan dari analisis kasus bagi anda adalah untuk memikirkan semua fakta dan
informasi yang relevan dengan organisasi saat itu, merumuskan alternative
strategi, memilih alternative, dan mempertahankan rekomendasi anda. Tempatkan
diri Anda di waktu dimana keputusan strategi tengah dibuat oleh penyusun
strategii perusahaan. Berdasarkan informasi yang tersedia, apa yang akan Anda
lakukan? Pertahankan posisi Anda dengan bagan, grafik, rasio dan analisis dan
hal yang serupa bukan sesuatu yang mengejutkan dari buku perpustakaan . Anda
bisa menjadi penyusun strategi yang baik dengan berfikir melalui situasi,
melakukan penilaian manajemen , mengajukan rencana bagi diri sendiri. Jadilah orisinal.bandingkan
danperdebatkan rekomendasi Anda dengan rencana yang akan atau telah digunakan
perusahaan.
Kebutuhan untuk berkontribusi
Manajemen
strategi di dunia bisnis sesungguhnya bisa dibedakan berdasarkan penolakan
mereka terhadap risiko, kepedulian mereka terhadap manfaat jangka pendek versus
manfaat jangka panjang, sikap mereka terhadap tanggung jawab sosial dan
pandangan mereka dalam menyikapi globalisasi. Tidak ada orang yang sempurna,
sehingga tidak ada strategi yang sempurna.
.png)
0 komentar: